RAKYAT NEWS, Makassar – Mayjen TNI (Purn) Andi Muhammad Mappanyukki (Panglima Ta’) semakin intens berkomunikasi dengan berbagai kalangan, mulai dari organisasi masyarakat, pemangkut adat, politisi hingga sejumlah figur yang diisukan akan maju pada Pemilihan Gubernur Sulsel 2024 mendatang.

Salah satunya Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto. Keduanya semakin sering bertemu dalam berbagai kesempatan. Seperti hadir bersama saat Harlah Emas PPP di Malino baru – baru ini.

Saat di Malino, Danny Pomanto bahkan menyapa secara khusus Panglima Ta’ di hadapan para elit PPP, seperti Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Amir Uskara dan lainnya.

“Selamat datang di Malino Bapak Panglima Ta’ yang balihonya ada dimana – mana,” ujar Danny disambut tepuk tangan saat itu.

Kali ini, Panglima Ta’ dan Danny Pomanto terlihat kembali bersama pada perayaan hari ulang tahun Gaukang Karaeng Galesong ke 262 di Balla Lompoa Galesong, Kamis 16 Februari 2023.

Hal kemudian direspon masyarakat sebagai tanda – tanda atau sinyal akan bersatu pada Pilgub 2024 mendatang.

Seperti penuturan Ansar, warga Makassar saat di temui di salah satu cafe. Menurutnya, kedua tokoh ini sama – sama punya kans politik yang kuat.

Tidak menutup kemungkinan keduanya akan bersatu pada perhelatan politik lima tahunan itu.

“Dalam politik semua dinamis, banyak kejutan yang terjadi. Jadi bisa saja keduanya berpaket, entah kosong satu siapa,” ujarnya.

Dimintai pandangan, Pengamat Politik Nurmal Idrus mengatakan, apa yang mereka tunjukkan adalah bagian dari sebuah strategi politik menuju pilgub.

Menurutnya, setiap figur yang akan ikut bertarung dalam kontestasi politik seperti Pilgub, tentu butuh momentum untuk menunjukkan dirinya, seperti dengan tampil di acara seperti itu.