Untuk Roadshow Jatim Basis PAN ‘Satu Kata Satu Hati’ di DPD PAN Bondowoso digelar Ballroom Hotel Ijen View Bondowoso, Selasa, 6 Juni lalu, berlangsung aman dan lancar.

 

Pengurus DPW PAN melakukan konsolidasi terkait kesiapan DPD PAN menghadapi pemilihan umum 2024.Seperti, kelengkapan administrasi bacaleg PAN Bondowoso, kesiapan meraih kursi sebanyak satu fraksi, serta menyiapkan para saksi, dan lainnya.

 

Ketua DPD PAN Bondowoso, H Malik At Tamimi mengatakan dirinya siap melakukan kelengkapan syarat administrasi 45 bacaleg PAN menjelang penetapan DPT atau daftar pemilih tetap.

 

Ia juga akan membantu para bacaleg yang belum melengkapi persyaratan administrasi.

 

“Kemarin kami sudah menyerahkan daftar 45 bacaleg ke KPUD. Sedangkan untuk perbaikan akan segera disusul sesuai arahan ketua DPW PAN, ” katanya.

 

“PAN Bondowoso punya target satu fraksi. ‘Kalau sebelum nya PAN punya satu kursi, maka pada pemilihan umum 2024, kami punya target satu fraksi di DPRD Bondowoso,” sambungnya.

 

Untuk Road Show Ketua DPW PAN di Jember dilaksanakan, Rabu, 7 Juni lalu, di tengah roadshow keliling 38 kabupaten kota di Jawa Timur. Dalam sambutannya Rizki menyebut, apapun hasil keputusan MK soal sistem Pemilu 2024, PAN memastikan akan tetap menggunakan sistem terbuka sesuai dengan AD/ART partai.

 

“PAN tetap akan melakukan sistem terbuka, jadi siapa pun Calegnya yang memperoleh suara terbanyak, apabila dapat kuota kursi maka dia yang berhak duduk sebagai anggota legislatif, ini sudah diatur di AD/ART,” ujarnya.

 

Gonjang ganjing menggunakan sistem tertutup dan terbuka membuat para Bacaleg partai gundah. Pasalnya, jika menggunakan proporsional tertutup maka pemilih hanya mencoblos gambar partai saja. Hal ini membuat Caleg dengan nomor urut teratas lebih diuntungkan.